Minggu, Juli 31, 2011

Marhaban Ya Ramadhan

Marhaban Ya Ramadhan.. Selamat datang bulan suci ramadhan, bulan yang penuh rahmat, bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam, bulan yang penuh ampunan bagi orang-orang yang mau memanfaatkan bulan ini dengan sebaik-baiknya (semoga kita termasuk orang didalamnya). Dan shalawat serta salam selalu kita curahkan kepada Nabi Muhammad Saw, yang telah menyampaikan ibadah ini kepada kita semua.

Saya pribadi ingin meminta maaf sebesar-besarnya kepada teman-teman, jika selama ini mempunyai salah atau ada tulisan yang kurang berkenan di hati teman-teman, dan semoga ramadhan besok menjadi ajang bagi kita untuk saling berlomba dalam memaafkan dan beribadah, serta ajang untuk menunjukkan rasa cinta kita kepada Allah subhanahu wata'ala.

Dari Abu Hurairah ra, dia berkata :

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ, شَهْرٌ مُبَارَكٌ, كَتَبَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ, فِيْهِ تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةُ وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ. فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ. مَنْ ُحُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ.

Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa." HR. Ahmad dan an-Nasa`i.


Jadi, sudahkah teman-teman mempersiapkan diri serta amalan selama bulan Ramadhan :) ?

Bagi yang belum tahu atau ingin mencari segala referensi tentang puasa, berikut ini saya rangkumkan beberapa hal yang insyaallah akan berguna, seperti Keutamaan shalat Tarawih, jadwal shalat serta imsakiyah, dan amalan-alamalan yang dianjurkan untuk dilakukan dibulan puasa.


Amalan-amalan yang dianjurkan di bulan Ramadhan


Ada beberapa amalan yang saya coba kumpulkan dari berbagai referensi di internet. Sebenarnya bukan hanya sebanyak apa amalan yang kita lakukan, tetapi sampai sejauh mana keikhlasan, keistiqamahan, kesungguhan, dan semangat kita dalam melakukannya. Insyaallah semua amalan kita akan diterima oleh Allah subhanahu wata'ala.

Beberapa amalan itu adalah :
  1. Puasa: Allah  memerintahkan berpuasa di bulan Ramadhan sebagai salah satu rukun Islam.

    يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

    "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa". (QS. Al-Baqarah:183)

    Puasa termasuk menahan hawa nafsu dan kesenangan duniawi. 
    Yaitu dengan mengurangi makan ketika berbuka serta tidak berlebih-lebihan. Dalam sebuah hadist dikatakan  :

    “Tidak ada perkara yang lebih buruk dari pada memenuhi isi perut dengan makanan secara berlebihan”.

    Ruh puasa terletak pada memperlemah syahwat, mengurangi keinginan dan mengekang nafsu. Dari Sahal bin Sa’ad ra Rasulullah Saw bersabda :

    “Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan Rayyan; masuk dari pintu tersebut ahli puasa di hari kiamat, tidak ada yang masuk dari pintu itu selain ahli puasa, lalu diserukan 'Manakah para ahli puasa?’, maka berdirilah para ahli puasa dan tak ada seorangpun yang masuk dari pintu itu kecuali mereka yang tergolong para ahli puasa, dan apabila mereka sudah masuk, maka pintu sorga tersebut segera tertutup, dan tak ada satupun yang diperbolehkan masuk setelah mereka .” (Bukhari Muslim).

  2. Membaca al-Qur`an: Membaca al-Qur`an sangat dianjurkan bagi setiap muslim di setiap waktu dan kesempatan. Rasulullah Saw bersabda:


    وَلاَ أَعْلَمُ نَبِيَّ الله ِقَرَأَ الْقُرْآنَ كُلَّهُ فِى لَيْلَةٍ, وَلاَ قَامَ لَيْلَةً حَتَّى يُصْبِحَ وَلاَ صَامَ شَهْرًا كَامِلاً غَيْرَ رَمَضَانَ.

    "Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah membaca al-Qur`an semuanya, sembahyang sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan." HR. Ahmad.

  3. Menghidupkan malam-malam bulan Ramadhan dengan shalat Tarawih berjamaah, Qiyamullail (tahajjud). Solat Tarawih hukumnya sunat menurut kesepakatan para ulama, juga disunatkan untuk mengkhatamkan Alquran selama solat Tarawih.

    Hadits-hadits yang menerangkan tentang Qiyamullail adalah, sabda Rasulullah Saw :

    “Barang siapa menghidupan malam Ramadhan dengan penuh keimanan dan harapan mendapatkan ridho Allah Swt semata, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau.

  4. Menghidupkan malam-malam Lailatul Qadar. Lailatul qadar adalah malam yang lebih baik dari pada seribu bulan yang tidak ada lailatul qadar dan pendapat paling kuat bahwa ia terjadi di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, terlebih lagi pada malam-malam ganjil, yaitu malam 21, 23,25,27, dan 29. Firman Allah :

    لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌمِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ

    Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (QS.al-Qadar :3)

    Malam itu adalah pelebur dosa-dosa di masa lalu, Rasulullah Saw bersabda:

    وَمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدَرِ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

    "Dan barangsiapa yang beribadah pada malam Lailatul qadar semata-mata karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah , niscaya diampuni dosa-dosanya yang terdahulu." HR. al-Bukhari.

  5. I'tikaf / berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah dengan cara tertentu sesuai dengan yang diatur oleh syari'at.

    أَنَّ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يَعْتَكِفُ الْعَشْرَ اْلأَوَاخِرَ مِنْ رَمَضَانَ حَتىَّ تَوَفَّاهُ اللهُ ثُمَّ اعْتَكَفَ أَزْوَاجُهُ مِنْ بَعْدِهِ.

    "Sesungguhnya Nabi  selalu i'tikaf pada sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan sampai meninggal dunia, kemudian istri-istri beliau beri'tikaf sesudah beliau." Muttafaqun 'alaih".

  6. Memperbanyak sedekah, Hal ini berdasarkan riwayat Ibnu Abbas, dia berkata:

    ... كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ, وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُوْنُ فِى رَمَضَانَ حِيْنَ يَلْقَاهُ جِبْرِيْلُ.

    "Rasulullah  adalah manusia yang paling pemurah, dan beliau lebih pemurah lagi di bulan saat Jibril  menemui beliau, …HR. al-Bukhari.

  7. Melaksanakan ibadah umrah: salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di bulan Ramadhan adalah melaksanakan ibadah umrah dan Rasulullah  menjelaskan bahwa nilai pahalanya sama dengan melaksanakan ibadah haji, seperti dalam hadits yang berbunyi:

    عُمْرَةٌ فِى رَمَضَانَ تَعْدِلُ حَجَّةً

    "Umrah di bulan Ramadhan sama dengan ibadah haji."
  8. Menjauhi Larangan Agama. Hal yang perlu diperhatikan oleh seorang mukmin adalah menjaga lisan dari mengguncing dalam keadaan berpuasa sebagaimana hadist Riwayat Bukhari :

    ”Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan ghibah maka tiada artinya di sisi Allah baginya berpuasa dari makan dan minum” (HR: Bukhari)


Keutamaan shalat Tarawih di bulan Ramadhan


Keutamaan shalat tarawih  pada bulan Ramadhan ini disebutkan dalam sebuah hadis sebagai berikut. Dari Ali bin Abi Thalib r.a. bahwa dia berkata: Nabi Muhammad Saw ditanya tentang keutamaan-keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Kemudian Beliau bersabda :
  1. Orang mukmin keluar dari dosanya pada malam pertama, seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.
  2. Dan pada malam kedua, ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya, jika
    keduanya mukmin.
  3. Dan pada malam ketiga, seorang malaikat berseru dibawah ‘Arsy: “Mulailah beramal, semoga Allah mengampuni dosamu yang telah lewat”.
  4. Pada malam keempat, dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan Al-Furqan (Al-Quran).
  5. Pada malam kelima, Allah Ta’ala memeberikan pahala seperti pahala orang yang shalat di Masjidil Haram, masjid Madinah dan Masjidil Aqsha.
  6. Pada malam keenam, Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang berthawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
  7. Pada malam ketujuh, seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa a.s. dan kemenangannya atas Fir’aun dan Haman.
  8. Pada malam kedelapan, Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia berikan kepada Nabi Ibrahin a.s.
  9. Pada malam kesembilan, seolah-olah ia beribadah kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadahnya Nabi Muhammad Saw.
  10. Pada Malam kesepuluh, Allah Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan akhirat.
  11. Pada malam kesebelas, ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.
  12. Pada malam keduabelas, ia datang pada hari kiamat sedang wajahnya bagaikan bulan di malam purnama.
  13. Pada malam ketigabelas, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
  14. Pada malam keempat belas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
  15. Pada malam kelima belas, ia didoakan oleh para malaikat dan para penanggung (pemikul) Arsy dan Kursi.
  16. Pada malam keenam belas, Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan kebebasan masuk ke dalam surga.
  17. Pada malam ketujuh belas, ia diberi pahala seperti pahala para nabi.
  18. Pada malam kedelapan belas, seorang malaikat berseru, “Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu”.
  19. Pada malam kesembilan belas, Allah mengangkat derajat-derajatnya dalam surga Firdaus.
  20. Pada malam kedua puluh, Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan shalihin (orang-orang yang saleh).
  21. Pada malam kedua puluh satu, Allah membangun untuknya sebuah gedung dari cahaya.
  22. Pada malam kedua puluh dua, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan dan kesusahan.
  23. Pada malam kedua puluh tiga, Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam surga.
  24. Pada malam kedua puluh empat, ia memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.
  25. Pada malam kedua puluh lima, Allah Ta’ala menghapuskan darinya azab kubur.
  26. Pada malam keduapuluh enam, Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.
  27. Pada malam keduapuluh tujuh, ia dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat yang menyambar.
  28. Pada malam keduapuluh delapan, Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.
  29. Pada malam kedua puluh sembilan, Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
  30. Dan pada malam ketiga puluh, Allah berfirman:”Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah dari iar Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau hamba-Ku” (HR Majalis).
Subhanallah.. begitu banyak serta tak ternilai harganya, manfaat dan keutamaan jika kita bisa menunaikan ibadah shalat tarawih selama bulan suci ramadhan, semoga kita semua diberi kekuatan untuk menjalankan ibadah yang mulia ini, Amin.


Jadwal Sholat dan Imsakiyah




Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman yang akan menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

referensi :
  • abdullah-syauqi.abatasa.com
  • pkpu.or.id
  • mahamaia.wordpress.com
  • blog-blog yang tidak bisa disebutkan disini.
(gambar diambil dari berita-komunitas.blogspot.com)

Kharis Hidayatullah


Silahkan share artikel ini jika menurut Sobat bermanfaat :)

101 komentar :

  1. alhamdulillah masih merasakan bulan yang suci ini, makasih yaw referensinya .. salam kenal

    BalasHapus
  2. alhamdulillah bulan puasa taun ini Allah memberikan nikmat kpd saya..
    visit me..
    http://vibizportal.com

    BalasHapus
  3. selamat menunaikan ibadah puasa (meskipun agak terlambat :) )
    semoga kita dapat menjalani ibadah ini dengan khusuk dan dapat mengambil khikmahnya

    salam kenal dari Pekalongan Kota Batik

    BalasHapus
  4. walau disibukan dengan pekerjaan alhamdulilah saya masih bisa menunaikan ibadah puasa ,...
    semoga teman neter semua bisa menjalani puasa ini dengan ikhlas dan baik,... Amin..
    selamat menunaikan ibadah puasa,..

    BalasHapus
  5. Selamat menunaikan ibadah puasa juga Mas Huderi, ICT dan Mba Wiwik :)
    semoga mendapat rahmat dan hidayah di bulan yang suci ini, Amiin..

    BalasHapus
  6. sama-sama dech Gan..kita saling memaafkan dan menasehati !!

    BalasHapus
  7. Amrhaban Ya Ramadhan ...
    Semoga Ibadah kita di bulan Suci ini bisa menghapus dosa-dosa kita yang lalu dan segala amal ibadah kita bisa diterima oleh Allah SWT Amien....

    salam

    BalasHapus
  8. Selamat menunaikan ibadah puasa...
    semoga ibadah ini memberikan kebaikan bagi kita di masa yang akan datang.

    BalasHapus
  9. gak kerasa nih udah masuk ke hari 18 aja...
    sebentar lagi euy...
    hehehehe..

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, bisa dipertemukan dengan bulan ramadhan tahun ini, Selamat menjalankan ibadah puasa.

    BalasHapus
  11. alhamdulilah,..
    kita masih bisa melaksanakan puasa,.. dan dapat berjumpa dihari yang fitri nanti,..

    BalasHapus
  12. marhaban ya romadhone mohon maaf lahir dan batin....

    BalasHapus
  13. Marhaban ya ramadhan juga Gan.

    BalasHapus
  14. marhaban yaromadhon semua nya.........

    BalasHapus
  15. 10 hari kedua adalah ampunan dan 10 hari terakhir di bebaskan dari api neraka...

    BalasHapus
  16. Bulan dimana setiap muslim dengan gembira menyambut kedatangannya

    BalasHapus
  17. semoga puasa kita mendapat berkah mas, amin

    BalasHapus
  18. Semoga sukses utk posting yg menyejukkan hati di bulan ramadhan yg suci ini mas, amin

    BalasHapus
  19. betapa bahagianya jika kita bisa melaksanakan segala petunjuk di atas. makasih pencerahannya mas, salam sahabat

    BalasHapus
  20. Selamat menjalankan ibadah puasa bulan suci ramadhan, semoga menjadi kesempurnaan nilai-nilai ibadah kita hingga mencapai pada hari yang fitroh.

    BalasHapus
  21. wah ta terasa ga, bentar lagi idul fitri...*senengdanmenantiangpau

    jng lupa kunjungan baliknya dan follownya ya gan :D

    BalasHapus
  22. Semoga sukses utk posting yg menyejukkan hati di bulan ramadhan yg suci ini

    BalasHapus
  23. semoga iman dan takwa kita makin di tingkatkan kedepannya lagi...amin

    BalasHapus
  24. banyak juga yah amalan-amalnan yang di anjurkan di bulan ramadhan itu...

    BalasHapus
  25. ga kerasa nih sebentar lagi kita akan berpisah lagi dengan bulan ramadhan...

    BalasHapus
  26. semoga amal ibadah kita di terima dan ridhoi oleh allah.....

    BalasHapus
  27. mantap nih artikel nya..
    lengkap dengan hadits-hadits nya juga...

    BalasHapus
  28. alhamdulillah saya masih diberi kesempatan menikmati hari suci bulan ramadhan ini.marhaban ya ramadhan

    BalasHapus
  29. wong ndeso numpang pinarak BOSS,, hehe

    BalasHapus
  30. oh iya, kiranya sempet mampir dong ke blog saya. thnks

    BalasHapus
  31. oh iya, kiranya sempet mampir dong ke blog saya. thnks

    BalasHapus
  32. berkelana mencari singahan-singahan yang kiranya diperkenankan.. salam smuanya :)

    BalasHapus
  33. Nich yang dari jaksel, nyimak blognya aja ya,,, hee

    BalasHapus
  34. selamat idul fitri ..
    mohon maaf lahir batin

    BalasHapus
  35. marhaban ya ramadhan juga yah,,,
    sebentar lagi mau lebaran nih, minal aidjin wal pa idjin yah

    BalasHapus
  36. Selamat Hari raya idul fitri.. mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  37. Klik pada "Peluang Usaha"
    Daftar Gratis - Peluang dengan Standard Komisi Internasional -
    Pembayaran Dalam Mata Uang Rupiah -
    Bagi yang tidak punya PayPal -
    Akan diberikan Kartu Debit MasterCard yang bisa - untuk Tarik Tunai di ATM berlogo Mastercard
    dan Pembelian di Outlet Logo MasterCard.

    BalasHapus
  38. tinggal mnghitung hari untuk mencapai hari kemenangan kita.. marhaban ya ramadhan

    BalasHapus
  39. puasanya dah mau berakhir nih, mohon maaf lahir batin yaa....

    BalasHapus
  40. Minal aidzin walfaidzin... mohom maaf lahir dan bathin... sebentar lagi lebaran niy....

    BalasHapus
  41. ini informasi yang lengkap sekali.. terima kasih gan

    BalasHapus
  42. minal aidzin walfaidzin . .lahir batin . .:)jangan lupa kunjungi blogku juga ya . .semoga makin sukses . .thanks n good luck:D

    BalasHapus
  43. Bulan puasa ini saya ada yang bolong... karna sakit, gimana ya cara membayarnya???
    terima kasih atas artikelnya, lumayan inspiratif

    BalasHapus
  44. bahasan yang sangat bermanfaat.
    salam kenal.

    BalasHapus
  45. salam kenal dan semoga sehat selalu.

    BalasHapus
  46. wah artikenya sangat bagus dan menarik makasih yah info nya ............

    BalasHapus
  47. tak terasa terlewat sudah bulan ramadhan, semoga sebulan puasa kemarin kita bisa memperbaiki ibadah kita..
    aminnn

    BalasHapus
  48. waduh telat nih sob, minal aidjin walfaidjin deh,,

    BalasHapus
  49. mohon maaf lahir dan batin... semoga kita semua kembali ke fitrah

    BalasHapus
  50. minal aidjin wal faidjin yah, mohon maaf lahir dan batin yah

    BalasHapus
  51. marhaban ya romadhan,,mohon maaf lahir dan batin yah,,
    semoga sukses selalu menyertai kita

    BalasHapus
  52. gak terasa ya ramadhan kali ini sudah berakhir juga emz jadi sedih mninggalkan bulan ramadhan ne yang selalu penuh ampunan dan juga berkah...

    BalasHapus
  53. marhaban ya ramadhan,. semoga puasa kita di terima allah maminnn

    BalasHapus
  54. wah gak kerasa ya baru kemaren bulan ramadhan sekarang udah bulan syawal lagi..
    di tunggu deh gan updatenya..

    BalasHapus
  55. Article yang komplit sekali, terima kasih ucapannya dan selamat menunaikan ibadah dibulan suci ramadhan, bagi yang berbisnis jangan kendor semangatnya tetap semangat menggeluti Peluang Bisnis Online Tanpa Ribet

    BalasHapus
  56. mohon maaf lahir dan bathin yaa, semoga amalan kita selama 1bulan di terima dan tentunya amalan tersebut ga berenti walaupun ramadhan telah berlalu,, maaf baru bisa ngucapin.. coz baru berkunjung di sini..
    salam kenal yaa

    BalasHapus
  57. pantas saja apabila Rosululloh dan jug para sahabat sanga t sediha apbila berpisah dengan bulan ramadhan..

    BalasHapus
  58. artikel yang bagus.. jadi nambah ilmu nih..

    BalasHapus
  59. ok juga nih informasinya,
    semoga memberi manfaat

    BalasHapus
  60. tx terasa bulan ramdhan telha berlalu....
    mhon maaf lahir dan batin y

    BalasHapus
  61. gak kerasa ramadhan tahu ini sudah meninggalkan kita,,,

    BalasHapus
  62. banyak sekali hal yang saya lewatkan di bulan ramadhan kemarin, semoga saja tau depan masih depertemukan..
    makasih banyak infonya yaa

    BalasHapus
  63. selamat hari raya idul fitri y,, mhon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
  64. wow this really good blog content

    BalasHapus
  65. ramadan memang bulan penuh berkah,,
    mudah mudahan taun depan msih bsa brtmu dg ramadhan ya!
    minal aidzin mas(maaf telat)

    BalasHapus
  66. wow this really good blog content

    BalasHapus
  67. Postingan bermanfaat niih..
    MAin main yah ke Fauzi Online,,
    Thanks ADMIN ^_^

    BalasHapus
  68. wah bagus banget ni artikelnya, makasih bnyak buat infonya, jngan lupa buat kunjungan balik ke web'ku ya, thx

    BalasHapus
  69. What a great post! I really enjoyed reading this. Thank you for sharing this valuable information with us. I have bookmarked this site and will be sure to check for updates. Keep up the good work!

    BalasHapus
  70. marhaban ya ramadan ... sebntar lagi kita akan memasuki bulan yang penuh berkah y gan ,,

    BalasHapus