Sabtu, Juli 14, 2012

Intense Debate Untuk Sistem Komentar

IntenseDebate
Berawal dari banyaknya spam yang masuk, saya sampai dibikin mangkel dengan para spammer ini, banyak sekali komentar spam yang masuk seperti untuk mengiklan, titip product dan sebagainya yang masuk dalam beberapa kolom komentar blog ini. Masalahnya untuk filtering hal ini saya harus melakukannya dengan manual, jadi Saya harus menyisihkan sedikit effort untuk moderationnya.

Sebenarnya sungguh besar keinginan saya untuk membuat blog ini Hidup, maksudnya  kita buat blog ini sebagai ajang berdiskusi, saling mengungkapkan pendapat, saling menanggapi artikel maupun komentar baik dari saya ataupun dari Guest Blogger yang mungkin posting di sini, sehingga komentar bukan hanya sebagai formalitas atau pencarian backlink, tapi mempunyai kualitas jangka panjang dan bisa lebih bermanfaat bagi pembaca lainnya. Ingat komentar yang berkualitas juga bisa menambah reputasi website Anda dan juga search engine :)

Berdasarkan semua alasan itu, saya tercetus ide untuk menggunakan IntenseDebate Comment Sistem, dan tidak lagi menggunakan Kolom komentar yang disediakan oleh penyedia layanan blog saya. Harapannya, pembaca bisa lebih leluasa untuk berkomentar dan memberikan voting komentar pembaca yang lain. Yang menjadi masalah adalah Comment Sistem ini menggunakan nofollow tag, dan untuk rendernya menggunakan javascript, sehingga posting komentar tidak akan di index oleh search engine, oleh karena itu saya urungkan niat saya memasangnya di blog ini.

Sebenarnya sangat banyak sekali feature IntenseDebate yang disediakan. Seperti Thread Comment (fungsi untuk reply komentar), plugin yang bisa disable/enable, spam filtering, voting system dan masih banyak lagi. Berikut saya coba List Feature IntenseDebate yang bisa saya simpulkan berdasarkan kategori setting di dashboard IntenseDebate :
  1. Moderation
    Setting ini berguna sebagai setting tentang bagaimana sebuah komentar akan di approve, bisa secara otomatis menggunakan Akismet (Spam filtering yang cukup terkenal, biasanya digunakan pada wordpress), Profanity Filter yang akan mereplace karakter tertentu dengan asteriks (*), serta kita bisa menambahkan list account apa saja yang kita anggap sebagai white list atau banned list. Moderator komentar juga bisa ditambah disini.
  2. Account
    Menentukan Site URL, Site Title, Site Key, serta kapan saja admin/moderator akan di email (bisa saat ada komentar baru atau saat komentar butuh moderation).
  3. Layout
    Di setting ini terdapat pengaturan style untuk user picture, button reply, message/Alert (Transparan atau solid). Dan juga terdapat beberapa option untuk mengaktifkan :
    - Login button
    - Subscribe Menu
    - Sorting Comment Option (based on Date, Rating atau Last Activity)
    - Timestamp / detail waktu saat komentar
    - User Reputation (saya setting disini jika reputation 900 keatas komentar akan auto approve)
    - Atribution Link untuk IntenseDebate.
  4. Comments
    Berisi tentang login service yang bisa digunakan, seperti via Facebook, Twitter atau OpenID. Disini setting ini juga terdapat beberapa option untuk mengaktifkan :
    - Thread Comments (fungsi untuk membalas/reply komentar pengunjung)
    - Voting Komentar (bisa untuk memberi voting up atau down, voting ini nanti yang akan menambah point komentator juga)
    - Parse Link (contohnya merubah alamat website dari http://www.daunjava.com menjadi www.daunjava.com)
    - Posting Gambar/Image di komentar
    - Field Description
    - Website Field (untuk memasukkan alamat website komentator)
    - Auto Expanding TextAreas
    - Fungsi untuk mengatur email subscription
    - Report Komentar button (jika terdapat komentar yang berbau SARA, pornografi dsb. Pembaca/komentator bisa melaporkan ke moderator/Admin), serta setting text yang akan muncul saat pembaca akan melaporkan suatu komentar.
  5. Custom CSS
  6. Sudah bisa ditebak, setting ini berguna bagi Anda yang ingin mendesain CSS/Tampilan dari Kolom Komentar IntenseDebate. CSS bisa langsung ditulis di kolom yang disediakan, atau menggunakan link css external yang nantinya akan di render saat IntenseDebate memunculkan semua komentar.
  7. Misc
    Dalam setting ini terdapat 3 option yaitu :
    - Normal, untuk menampilkan IntenseDebate di bawah post (seperti sistem komentar yang biasanya)
    - FrontPage, komentar akan otomatis muncul dibawah posting saat diklik link komentar (meskipun artikel belum dibaca semua/masih dalam bentuk artikel snippet).
    - PopUp, IntenseDebate akan muncul sebagai jendela baru, meskipun menurut saya jarang ada yang menggunakan option ini, tetapi feature ini masih disediakan.
Itulah sederet feature yang bisa Anda gunakan jika memakai IntenseDebat sebagai sistem komentar website Anda, cukup banyak sekali bukan feature yang disediakan, cukup untuk menghidupkan percakapan dalam suatu blog:)

Nantikan artikel tutorial untuk install IntenseDebate di sini dan terakhir semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca blog ini, jangan ragu-ragu untuk subscribe email Anda di blog ini pada kolom "JOIN DAUNJAVA NEWSLATTER". Silahkan berkomentar sesuka hati Anda, dan pengunjung lain yang akan menentukan rating komentar Anda, apakah Anda seorang spammer atau blogger, feel free to comment :)


Silahkan share artikel ini jika menurut Sobat bermanfaat :)

22 komentar :

  1. saya nge test komentar dulu ah.... emang sih bener spammer itu menjengkelkan, tapi buruknya adalah kadang saya juga melakukannya duh duh duh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Huda, komentar yang memakai url post seperti punya mas Huda diatas, tidak bagus hasilnya di search engine, lebih bagus menggunakan link site utama tanpa detail mengacu ke artikel tertentu, toh nanti orang yang masuk blog Mas juga melihat-lihat artikel didalamnya kan :)

      Hapus
  2. memang backlink lagi anget-angetnya, apalagi seperti blog mas yg ini, sampe-sampe abanyak yg kasih tau dari rangking 1-5, dan blog mas ini masuk rangking 3, lumayan untuk mereka :D

    tetep semangat nge post y mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog ini masih ngadat di PR 2 terus mas hehe

      Hapus
  3. saya masih stay tune bersama kotak komentar asli bawaan blogger.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, udah cukup powerfull karena ada fungsi thread comment, tinggal ratting comment saja yang belum :)

      Hapus
  4. kayaknya bagus ya nih.... buat wordpress bisa tidak nih Ris... ? semoga cita cita buat blog sebagai tempat diskusi tercapai ya... good one...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat2 bisa Pak Applause, kalau tidak salah gampang integrasinya malahan untuk wordpress, lha wong yg buat AUTOMATTIC, itu yang buat wordpress hehe, CMIIW :)

      Hapus
  5. intense debate ini dapat membuat database web kita lebih kecil dan yang jelas agak ribet menurut saya hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari segi database kurang tahu saya, karena saya pakai blogger, mas pututik kan pakai WP :), jadi integrasi dengan blognya mungkin lebih bagus, jadi lebih enteng.

      Tidak ribet mas integrasinya, ga lebih dari 5 langkah di blogger, apalagi di WP.

      CMIIW dan Salam kenal Mas :)

      Hapus
  6. Wuahhh udah lama gak blogwalking... ikutan nimbrung ahhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kedatangan tamu terhormat, welcome brother, sudah lama kita ga blogwalking bareng, moga makin rajin :D

      Hapus
  7. Kalo untuk Thread Comment bagusan bikin sendiri apa lwat facebook?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk platform blogger dan wordpress sudah mendukung thread comment, untuk selain itu masih kurang tahu.

      Menurut saya mending memakai comment bawaan, karena databasenya menjadi satu sehingga loadnya menjadi cepat, kalau memakai comment facebook, biasanya blog lebih lambat, karena harus ambil data dari server facebook. Intinya semakin banyak link server berbeda untuk load data, blog akan semakin berat, hal ini berlaku juga untuk css, js, foto dan file2 lainnya yang di host.

      Hapus
  8. wah baru tau ane gan, makasih infonya gan :D tapi kalo boleh tau rincinya tentang misc itu gimana ya?

    BalasHapus
  9. view comments di atas pake punya intense debate bukan ya ??

    BalasHapus
  10. salam kenal mas, saya setuju dengan apa yang diungkapkan di atas,, para spammer ini benar benar menjengkelkan.. paling kesel kalo yang komen cuma ngiklan tanpa ngasi input yang nyambung dengan tulisan kita. haduuuh jangan jangan saya juga nyepam ini.. hehe,, makasi mas untuk share ilmunya, sangat bermanfaat untuk newbie seperti saya.

    BalasHapus
  11. gw pake disquss, 11-12 lah sama intensedebate. dan sejak make disquss, komentar-komentar di blog turun drastis, tapi positifnya, hampir semuaa komentar merupakan komentar membangun, gak asal komen yang "wah infonya bermanfaat", "nice artikel gan", dan komen-komen lain yang ngasih link blog di nama pengomentar.

    seperti yang daunjava bilang: komentar yang berkualitas juga bisa menambah reputasi website Anda dan juga search engine

    BalasHapus
  12. Thanks udah berbagi, nice share.

    BalasHapus
  13. keluhan author semacam ini sering saya temukan,
    karena memang banyak sekali bloger yang sekedar mencari backlink,
    menurut saya sebenarnya proses pencarian backlink mempunyai efek sangat bagus untuk menambah pertemanan (relationship link) kalo komentar2 kita tidak sekedar nulis untuk mendapatkan backlink.

    hanya saja apakah menempatkan kode2 html di komentar termasuk spam?

    BalasHapus