Kamis, Maret 20, 2014

Android - Big Market Opportunity

Seperti yang kita ketahui, sekitar sebulanan lalu muncul game yang cukup simple bernama “Flappy Bird” saya cukup penasaran dengan game ini, saya tahu game ini dari masive-nya pemberitaan dari media-media tekno, yang berarti game ini punya something yang cukup spesial, setelah saya coba mainkan meskipun saya bukan seorang gamer, sepintas menurut saya pribadi gameplaynya”
very very simple”, sampai-sampai dari anak kecil sampai orang tua mungkin bisa memainkannya :)
Tidak lama kemudian media juga memberitakan keuntungan “Nguyen” sebagai developer game ini dari “Flappy Bird” saja sampai 600 juta perhari, hmm.. nilai ini cukup fantastis menurut saya, karena apa? dengan effort hanya 3 hari waktu develop, dia bisa mendapat earning yang besar, sampai-sampai saya berpikir mungkin Hoki 10 tahun sudah dipakai kali sama nguyen :P
Banyak juga komentar-komentar negatif dari berbagai media tekno yang mengatakan bahwa “Flappy Bird” itu bahkan tidak bisa disebut sebagai game, karena game play yang you know lah sangat simple sekali, terus.. So What ?? karena dari pandangan ekonomi saya dengan effort dan resource yang sekecil itu, dia bisa mendapatkan untung yang sangat besar, itu adalah  ”KEBERHASILAN YANG LUAR BIASA”.
Sebenarnya saat itu terbesit kesimpulan sederhana di pikiran saya, apakah si Nguyen benar-benar “HOKI” atau ada faktor lain yang membuat game ini popular ? hmm.. setelah sejenak saya berpikir, muncul beberapa kesimpulan logis yang mungkin membuat game ini bisa berhasil :
  1. Sangat Besarnya pengguna Android
    Berikut statistik dari Gartner (Beserta ramalannya) yang menunjukkan angka pengiriman device berdasarkan sistem operasi :
    Gartner Statistik OSSumber: Gartner (Desember 2013)Dari statistik di atas terlihat bahwa besarnya permintaan pasar terhadap Device bersistem operasi Android sangat besar sekali.
  2. Presentasi dipakainya aplikasi di Android Market cukup besar
    Selera itu tergantung dari personal masing-masing dan sampai saat ini Android sudah mencapai 1 Milyar aktivasi. So ?? Apa yang bisa kita simpulkan dari pernyataan singkat tersebut ?? Bahwa semakin banyak jumlah pengguna Android, seharusnya setiap pengguna mempunyai “selera” masing-masing dari aplikasi yang ingin di gunakan. Andai saja sejelek-jeleknya kita salah menentukan market, dan hanya menyasar 5% dari seluruh pengguna Android, itu sudah sekitar 50.000.000 penggunaa.. hmm.. that’s big market :)
  3. Market Android masih akan terus berkembang
    Dari berbagai media kita sudah tahu bahwa Android sudah tembus sampai 1 Milyar aktivasi. Menurut saya langkah Google untuk menggratiskan Android sangat tepat sekali, karena dari sini banyak pihak yang diuntungkan. Vendor gadget yang senang karena mereka bisa mengeluarkan Gadget yang murah tapi luar biasa canggih sehingga kuantitas dan kualitas product mereka bisa naik dan pasti sedikit banyak akan menambah omset mereka, kemudian kita sebagai konsumen juga pasti senang karena dengan berlomba-lombanya vendor mengeluarkan product maka pasti harga Gadget akan semakin turun dan juga pilihan product semakin luas. Developer yang membuat aplikasi di Android-pun juga bisa meraup untung dari sistem iklan Google, semakin besar aktivasi Android di seluruh dunia, semakin besar pula kesempatan developer untuk mendapatkan untung dari aplikasi yang mereka buat, dan Google sendiri juga pasti untung karena mereka tidak report mengeluarkan biaya besar untuk marketing iklan mereka.. Dari sini  Hmm.. such a win-win-win solution :) . Jika Ekosistem Android akan terus terjaga seperti ini, bukan tidak mungkin pasar Android akan semakin besar dan berkembang.Berikut statistik serta forecast dari Gartner mengenai perkembangan Android sampai tahun 2015 nanti.

    This chart shows shows global shipments of connected devices, i.e. PCs, mobile phones, tablets and hypermobiles, broken down by operating system.
    Statista-Infographic_1761_connected-device-shipment-forecast-
Dari sedikit point di atas terlihat bahwa gereget atau reaksi dari pengguna gadget di dunia cukup baik terhadap Android, sehingga masih banyaknya peluang ataupun lahan yang bisa di garap oleh para Pengembang Aplikasi Android, Content Provider, Vendor Device dan masih banyak lagi lahan yang mungkin masih belum terlihat atau muncul sekarang ini.
Semoga informasi ini berguna untuk kita, membuka wawasan sedikit tentang Market Android yang masih sangat besar. So.. what do you think ? :)

Referensi :
  1. http://www.statista.com/chart/1761/connected-device-shipment-forecast/
  2. http://www.gartner.com/newsroom/id/2645115


Silahkan share artikel ini jika menurut Sobat bermanfaat :)

35 komentar :

  1. kalo soal nokiyem yang memakai os android tetapi dengan kustomisasinya sendiri bagaimana menurut mas kharris??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya pribadi, akhirnya mau tidak mau Microsoft masuk ke dunia Android, padahal dulu sempat saya membaca berita bahwa kemungkinannya kecil mereka akan tetap memakai Windows Phone. Menurut saya Microsoft cukup telat masuk ke pasar Android yang sudah lama menggeliat tetapi jika Microsoft mampu menghadirkan product yang mampu bersaing dengan vendor lainnya baik di pasar low-end, middle-end, atau high-end maka langkah Microsoft tersebut sangat tepat sekarang.

      Hapus
  2. Menurut saya pasar Android yang cukup besar juga mengakibatkan termonopolinya OS Mobile yang paling banyak terpakai saat ini. Menurut mas kharis apakah hal ini bisa dikatakan kabar gembira ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada dua pendapat dari saya mengenai hal ini. Yang pertama banyaknya vendor-vendor yang mendukung OS Android berimpact yang baik terhadap customer global tetapi di sisi lain, monopoli entah apapun itu bentuknya tidak dianjurkan di dalam pasar karena pasti lambat laun produk lain akan sulit mengejar atau minimal mengimbangi Android. Mungkin sudah saatnya produsen-produsen OS lain mengejar ketertinggalannya.

      Hapus
    2. Jika ingin mengejar eksistensi android sebagai penguasa pasar saat ini, kira-kira menurut Mas Kharis OS mana yg mampu melakukannya? Faktor apa yg berperan sehingga OS tersebut dapat menaklukan dominasi Android?

      Hapus
  3. Hanya ingin menambahkan saja ya mas Kharis : salahj satu fakta menarik dari Android itu sendiri OS Android adalah open source software dimana Google merilis kodenya di bawah Lisensi Apache. Android Open Source Project (AOSP) kode open source yang memungkinkan pengguna untuk memodifikasi dan mendistribusikan secara bebas. Android juga memiliki komunitas pengembang aplikasi (apps) yang semakin memperluas fungsionalitas perangkat. Inilah yang membuat Android berkembang jauh lebih pesat dibanding kompetitornya. Pada bulan Oktober 2012, ada sekitar 700.000 aplikasi yang tersedia untuk Android dan sekitar 25 juta aplikasi telah diunduh dari Google Play, toko aplikasi utama Android. Pada sebuah survey bulan April-Mei 2013 menemukan fakta baru bahwa Android adalah platform paling populer bagi para pengembang dan telah digunakan oleh 71% pengembang aplikasi seluler.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh super sekali mas taofiek, saya baru tau tentang AOSP tersebut, memang android setahu saya banyak mod OS nya, mungkin itu juga yang mendorong kesuksesan Android di pasar :D

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Menurut mas kharis permainan Flappy Bird itu kan sangat mudah dan banyak digemari trus dari segi ekonomi juga sangat menguntung sekali,, kenapa harus ditarik dari peredaran ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah Flappy Bird nya saya sempat baca dari internet, kalau tidak salah Dong Nguyen yang menciptakan game ini merasakan banyaknya dampak negatif dari game tersebut. Dulu orang ini adalah gamers juga dan mungkin dia mulai merasakan hal yang sama saat seseorang merasa kecanduan game.

      Hapus
  6. Menurut mas kharis mana yang yang lebih bagus dari OS mobile berikut : iOS, Android dan Windows? dan mengapa android bisa berkembang dengan pesat dibandingan 2 OS yang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara personal menurut saya Android yang paling bagus. Karena iOS meskipun memang bagus tetapi tidak semua kalangan bisa memakai. Dan Windows membuat windows phone menurut saya cukup bagus tetapi metro ui yang diunggulkan dan kurangnya customize menimbulkan kelemahan dan kurangnya ketertarikan orang banyak.

      Hapus
  7. menurut mas kharis kenapa aplikasi android bisa dengan cepat merajai market?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah jelaskan pandangan saya di artikel ini Mba tia :D

      Silahkan dibaca kembali dan semoga bermanfaat hehe

      Hapus
  8. Min
    Tnya dong, kn dsni nge bahas ttg android market
    Sori agak oot,
    Tp bukannya pasar IOS Itu jauh lebh cerah ya
    Secara kn manusia yg kompeten di bidangnya masih dikit
    Dan pasarnya klo sy liat jg jauh amezimg(liat kasus ktika ada game / software masuk pasti rilis di ios dlu)
    Lalu dsni yg mw sy tnya, android skrg kn udh mainstream
    Bukannya hal yg mainstream ky bgni yg turun( contoh bb)
    Gmn tuh min pendpatnya :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang mas Mohan, pasar iOS dari segi revenue mungkin sekarang ini tidak kalah dengan Andoroid, tetapi dengan pemikiran berjuta2 orang dan base pengguna yang besar, saya yakin cepat atau lambat pasar akan bergeser. Karena iOS menurut saya juga pasarnya terlalu menyasar bagian kecil jika dibanding total penduduk dunia, yaitu orang menengah keatas, dari segi ini saya kurang suka secara pribadi karena saya juga orang mainstream :D

      Hapus
    2. yg paling ampuh dijadikan pijakan pasar itu berawal dari device mas... kalo kita perhatikan.. device berbasis andro yg tadi dikemukakan tmen2 diatas bisa di jangkau oleh masyarakat kelas bawah sekalipun (spt hengpong harga 500k) sedangkan untuk ifon masih terbilang mahal untuk kalangan tsb. alasan lain adalah mungkin krn andro lebih mudah dikembangkan yaa terlebih lagi itu free. makanya bagi developer maupun user sangat mendapatkan kemudahan yg lebih dengan sistem operasi ini.
      ======
      mungkin ada yg mau nambahin mas.
      maaf klo ada salah kata :D

      Hapus
    3. Bener sekali mas nuki, berbagai pihak diuntungkan menurut saya, customer untung, developer juga untung. Tapi iOS mempunyai beberapa hal yang mungkin bsa jadi lebih unggul saat ini, seperti standarisasi software dan fragment screen yang tidak terlalu banyak.

      Hapus
  9. Ris, menurut kharis penjualan device berbasis Android yang terbilang murah menjadi faktor yang sangat berpengaruh nggak dengan perkembangan aplikasi Android yang sangat pesat ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh sangat berpengaruh sekali Mba Vini, seperti yang saya jelaskan di artikel saya, efeknya bisa seperti domino, semakin murah harga device android maka base pengguna akan semakin besar, otomatis karena tidak semua penduduk di dunia mampu membeli smartphone yang medium ke atas. Dan orang kalangan ataspun juga tidak ada batasan jika ingin mencicipi Android, dari pandangan ini saja bisa di simpulkan sendiri :)

      Hapus
  10. Android keliatannya sudah mulai merajai pasar yaa...walaupun secara prestise masih kalah dengan IOS tetapi mungkin karena pemakainya dari segala kalangan ya, jadi lebih terkesan merakyat :)

    BalasHapus
  11. Toko Buku Online Terlengkap & Terpercaya - garisbuku.com

    BalasHapus
  12. menarik banget artikelnya makasih

    BalasHapus
  13. menarik dan bermanfata sekali infonya saya suka

    BalasHapus
  14. infonya bermnafaat dan menambah wawasan

    BalasHapus
  15. Android menguasai teknologi komunikasi

    BalasHapus
  16. I have the most favorite app store on my mobile.
    Hello
    Are you using the Android app store or the IOS store? I have many quality and free app stores that you can refer to and install further. Here I will mention other stores for you to reference and install:

    - Google Play windows phone
    - How to fix Play Store errors
    - Play Store for PC

    You can view more apps at my homepage: Iplaystoredownloadfree

    Thanks for your attention!

    BalasHapus